Sabtu, 19 September 2020

Mama dan Bapak


Mama
    
    Gue memanggil nyokap gue dengan sebutan "Mama". Harusnya dulu "Ibu", tapi konon saat kami masih tinggal di Cililitan, tetangga depan rumah gue yang juga merupakan teman sebaya gue memanggil nyokapnya "Mama". Gue yang masih kecil, labil dan belum bisa menentukan jati diri, ngikutin dia. Alhasil sampai sekarang manggilnya "Mama".

    Mama adalah orang yang ramah kepada orang. Istilahnya supel. Tiap ke suatu tempat, pasti dapat teman ngobrol. Atau sekadar beli gorengan di tempat baru, misalnya. Beliau bisa tahu tukang gorengan itu aslinya dari mana, tinggalnya di mana dan udah jualan berapa lama. Dulu saat gue praktek industri di Tangerang, tiap Minggu orang tua gue mengantar ke kontrakan karena aku adalah anak manja. Alasan sebenarnya kenapa gue nggak mau bareng jalannya sama teman karena nggak ada tebengan kosong plus lebih pengin lama di rumah dibanding di sana. Kembali lagi ke nyokap, kami suka mampir ke tempat makan random saat mengantar gue. Hitung-hitung, ini waktu kami makan bersama. Nah Mama tentu ngobrol sama yang jualan. Saking seringnya ngobrol, Mama pun ngomong "Wah, lama-lama Mama jadi orang Tangerang nih". Sungguh cerita yang nggak penting bukan?
    
    Namun hal itu kurang nurun sepenuhnya ke gue. Gue kurang luwes dalam berbasa-basi ke orang lain. Sering salah tingkah juga, grogi, kaku banget deh. Gue memang lebih memilih diam sendiri seringnya. Nah Mama tuh ngajak ngobrol orang. Bisa begitu tuh. Gue enggak, tapi bisa. Paham nggak? Yaudah nanti kita ngobrol ya kalau belum paham.

    Mama orangnya suka menyimpan sedih sendiri, apalagi kalau lagi sebal sama bokap gue hahaha. Nah ini baru mirip gue. Cuma mungkin bedanya gue beberapa kali masih curhat ke teman, tapi gue nggak tahu soal Mama curhat atau nggak. Gue memang nggak pernah cerita sih, terutama soal kisah asmara ya. Padahal Mama kepo banget sebenarnya,  I know it~ Gue bukannya nggak mau cerita, gue cuma bingung kalau ceritanya belum bahagia. Gue juga takut orang yang gue pilih nggak sesuai walaupun gue sayang banget hehe. Intinya gue mau langsung mengenalkan aja kalau sudah fix. Toh, gue punya pacar pasti bikin Mama senang sih hehe.

    Pernah suatu hari gue sering diam karena sedih. Cuma memang Mama nggak nanya sama sekali, tapi pasti kerasa kalau hawa gue beda. Lalu saat itu gue lagi main HP, tepatnya lupa main apa, dan gue ngomong "Huh ya ampun aku sedih banget.." karena satu hal sepele di HP yang sama sekali nggak ada hubungannya sama yang gue sedihin saat itu. Mama tiba-tiba respon "Sedih kenapa, Mbak? Coba cerita ke Mama. Kalau kamu sedih, Mama juga sedih..". Huh ya ampun aku sungguh menahan air mata saat itu.
    
 
Bapak

    Panggilan tidak berubah menjadi "Papa" kalau yang ini. Bapak gue berzodiak Cancer, yang mana buat gue pribadi kadang hal ini berpengaruh. Beberapa orang berzodiak ini cukup drama. Sering debat karena beda pendapat juga. Walau gue tahu, kami sama-sama sayang cuma ya susah aja cara ngungkapinnya alias gengsi.

    Bokap gue orangnya cukup temperamen. Gampang emosi dan juga suka ngeyel. Dulu jaman aku masih remaja (haaaah sekarang gue golongan dewasa muda!!), masih sering nggak mau kalah gue kalau berpendapat. Kalau sekarang memilih diam saja karena aku malas emosi. Makin gede gue memang lumayan makin menjauhi konflik walau banyak juga konflik yang memaksa masuk jadi ya mau nggak mau gue harus melawan ya, bunda-bunda.

    Selama ini kalau ada kerusakan apapun di rumah, sebagian besar tentu bokap gue benerin sendiri. Mulai dari elektronik sampai rumah. Alhamdulillah sekali karena jadi hemat biaya jasa reparasi. Cuma memang kalau soal renovasi rumah ini pasti kami minta tolong tenaga kuli. Bapak jadi mandor, yang tentunya super cerewet. Mesti rapi, mesti presisi. Kuli yang belum kenal dekat pasti capek sih dicerewetin mulu. Tapi memang hasilnya bagus sih. Sepupu gue aja kalau mau benerin sesuatu di rumahnya pasti nanya Bapak dulu.

    Bapak nih kuat nyetir jauh. Terbukti hampir tiap tahun kami pulang kampung ke Surabaya naik mobil, nyetir sendiri tanpa gantian. Sekarang sih udah ada adik gue, Kresna, yang mulai bisa bantu. Cuma baru satu tahun inilah kira-kira dia bisa. Hal tersebut dikarenakan kalau pergi ke luar kota tanpa mobil, nanti di sananya bingung kalau mau jalan-jalan. Untung kalau ada mobil pinjaman dari saudara yang lagi nggak dipakai. Nggak enak juga kalau pinjam terus karena takutnya mereka mau pakai tapi sungkan juga. Naik kendaraan umum nggak hemat juga. Enaknya kalau bawa mobil juga lebih hemat biaya dibanding naik bis/kereta/pesawat berempat. Di jalan pun bisa mampir-mampir untuk wisata dadakan.

    Ke orang baru, kurang lebih gue mirip sama bokap. Beliau kurang bisa basa-basi kayak Mama. Cuma lumayan seru dan bisa menjaga hubungan ke orang lain yang udah kenal. Teman dekat, geng, atau teman kerja tuh masih terpelihara dengan baik. Nggak susah ngobrolnya kalau udah kenal, walau Bapak cukup keras kepala kalau punya pendapat. Tapi yaudahlah ngalah aja biar lancar.

    Soal makanan sering rebutan. Bapak suka ngambilin makanan gue di kulkas, apalagi kopi literan. Ampun deh. Ya karena sama-sama suka kopi sih, cuma gue dan beliau yang suka. Kresna dan Mama biasa aja. Jadilah selama WFH ini aku tuh suka tekor karena beli kopi nggak bisa cuma segelas. Biar nggak rebutan. Tapi nggak apa-apa deh, biar pada seneng!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar